Kamis, 10 Februari 2011

Android Market Versi Web Rentan Disusupi Malware

Android Market Versi Web Rentan Disusupi Malware


Jakarta - Beberapa hari lalu, Google meluncurkan Android Market versi web. Sayang hal itu membuat masalah baru, malware dan spyware pun siap mengancam.

Hal tersebut dikemukakan oleh lembaga riset keamanan dari Sophos, seperti dikutip detikINET dari appleinsider, Senin (7/2/2011). Mereka menyarankan agar Google menghilangkan fitur instalasi over-the-air (OTA) yang berjalan secara otomatis, dari web ke ponsel.

Tak seperti iTunes yang mengijinkan pengguna melakukan browsing dari web dan menariknya ke aplikasi iTunes terlebih dahulu, pengguna ponsel Android langsung bisa menarik aplikasi ke ponsel via web.

Nah, menurut firma riset tersebut permasalahannya ada di mekanisme approval dari Android Market, saat pengguna akan menginstall sebuah aplikasi. Dengan ini, dikhawatirkan pihak ketiga dapat mengakses informasi pengguna dengan bebas, tanpa disadari sang pemilik ponsel.

"Google harus membuat perubahan terkait mekanisme instalasi aplikasi secepatnya," papar Vanja Svajcer sang analis Sophos. Hingga Google membenahi permasalahan ini, Svajcer menghimbau agar pengguna ponsel Android menggunakan password yang susah ditebak untuk menghindari phising.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger