Kamis, 10 Februari 2011

LG Berambisi Jadi Raja Android

LG Berambisi Jadi Raja Android



LG Optimus One (inet)
Jakarta - LG tak hanya mau jadi penggembira kala terjun di segmen ponsel Android. Bahkan, vendor asal Korea Selatan itu memiliki misi yang terbilang ambisius. Yakni ingin menjadi 'rajanya' ponsel Android.

"LG akan fokus di Android. Kami bahkan menargetkan untuk menjadi vendor ponsel Android nomor satu di Indonesia untuk tahun ini," umbar Cho Chorung, dalam peluncuran LG Optimus One di FX Plaza, Kamis (10/2/2011).

Nama LG di kancah perangkat genggam memang belum secemerlang prestasi mereka di segmen home appliance, seperti AC, TV, dan perangkat elektronik lainnya. Namun bukan berarti sang raksasa elektronik ini melepas peluang di industri mobile begitu saja.

Presiden Direktur PT LG Electronics Indonesia, Kim Weon Dae menegaskan, pihaknya telah mematok target 15% pangsa pasar ponsel untuk tahun 2012 mendatang di Tanah Air.

"Bisnis perangkat genggam kami sudah mengubah strategi, dari yang dulunya lebih bermain ke distributor kini sudah beralih ke main dealer. Ditambah dengan strategi-strategi lainnya kami berani mematok target 15% market share di tahun 2012," ujar Kim, di tempat yang sama.

Kembali lagi ke soal Android. LG sendiri saat ini sudah memiliki 3 produk jagoan yang mengusung OS besutan Google tersebut. Yang terbaru adalah Optimus One. Produk ini termasuk gadget tersukses LG di pasaran.

Dalam waktu 40 hari sejak diluncurkan, LG berhasil menjual 1 juta unit Optimus One. Dan berselang 25 hari kemudian, angka tersebut berlipat menjadi 2 juta unit.

Dalam review yang dilakukan detikINET beberapa waktu lalu, Optimus One memiliki desain yang tak neko-neko. Material plastik dominan di casing ponsel, dengan hiasan perak di sekelilingnya.

Empat buah tombol navigasi khas Android mejeng di bagian bawah layar seluas 3,2 inch. Colokan headset standar 3,5 inch, lubang USB, sebuah speaker depan, tombol volume dan tombol on/off tampak menghiasi sekujur bodi. Tidak ada tombol dedikasi khusus untuk kamera.   

Kala itu kesimpulannya adalah, jika Anda tidak terlalu mementingkan bentuk fisik sebuah ponsel pintar, Optimus One menjanjikan performa solid di kelasnya. Namun jika Anda memperhitungkan sebuah ponsel dari segi desain yang atraktif, sepertinya Optimus One kurang dapat menjawab keinginan.

Pasukan Android

Tentu saja, Optimus One bukanlah satu-satunya Android yang LG bawa untuk memeriahkan pasar ponsel Indonesia. Legi Soegianto, Product Marketing LG Mobile Indonesia mengatakan, setidaknya masih akan ada 8 model ponsel Android lagi yang siap ditampilkan LG.

"Namun itu masih tentatif, kita lihat perkembangannya nanti. Bisa bertambah atau berkurang," ujar mantan petinggi Nokia Indonesia itu.

Untuk lebih memuluskan ambisinya merajai ponsel Android, LG pun tak hanya siap dari sisi produk. Mereka pun melirik komunitas Android demi memperkuat basis pengguna. Salah satu strategi yang baru saja mereka jalankan adalah dengan membuat komunitas pengguna ponsel Optimus.

Android memang tengah booming saat ini. David Tjokro, Direktur Marketing PT LG Electronics Indonesia bahkan berani mengatakan bahwa pesona Android saat ini telah melebihi Windows Phone 7 dan Symbian.

"Meski begitu, kami masih akan mengadopsi Windows Phone 7. Tapi untuk Symbian sepertinya tidak, itu produk lama kami saja. Kita kan juga memantau permintaan dari pasar," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger