Kamis, 10 Februari 2011

Mengapa Google Melabelkan Produknya dengan Nama Hidangan Penutup?

Mengapa Google Melabelkan Produknya dengan Nama Hidangan Penutup?  

google.com
TEMPO Interaktif, California - Google menyematkan nama-nama hidangan penutup pada berbagai sistem operasi Android buatannya. Mulai dari Android 1.5 alias Cupcake, Android 1.6 Donut, Android 2.1 Eclair, Android 2.2 Frozen Yogurt (Froyo), Android 2.3 Gingerbread (Roti Jahe), Android 3.0 HoneyComb (Sarang Madu), dan yang akan datang dengan nama Ice Cream.

Menurut Juru Bicara Google, Randall Sarafa, penyematan nama-nama yang "manis" itu merupakan keputusan internal dan alasannya bukan untuk diketahui publik. "Kami memilih untuk menjadi sedikit ajaib dalam masalah ini," katanya seperti dikutip CNN, hari ini.

Bila diperhatikan, selain menggunakan nama-nama hidangan penutup, seluruh nama OS itu memiliki huruf awal yang berurutan sesuai abjad; Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, HoneyComb, dan Ice Cream.

"Tapi publik hanya mengetahui produk kami mulai dari huruf C untuk Cupcake," kata Sarafa. Untuk dua produk sebelumnya yang menggunakan huruf awal A dan B, Sarafa mengaku tidak tahu persis karena itu dibuat sekitar empat tahun lalu.

Setiap perusahaan tentu ingin membuat karakter sendiri yang mencerminkan identitasnya. Kalau Google memilih menamakan produknya dengan nama-nama hidangan penutup, Apple misalnya memilih menggunakan nama "kucing besar" untuk sistem operasinya Mac OS, seperti Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard and Snow Leopard.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger