Sabtu, 12 Februari 2011

Nokia Hentikan Pengembangan MeeGo?

Nokia Hentikan Pengembangan MeeGo?




 
Kabar mengejutkan datang dari Nokia, perusahaan handset terbesar di dunia itu dikabarkan akan menghentikan pengembangan smartphone pertama mereka yang berbasis MeeGo. Usaha ini dilakukan agar bisa merangkul sistem operasi pihak ketiga, Android atau bahkan Windows Phone 7.
"Kami berdiri pada platform Apple yang menganggu. Pasar mendefinisikan smartphone dengan menarik pengembang untuk suatu ekosistem tertutup, namun sangat kuat," jelas CEO Nokia Stephen Elop dalam memo internal yang diperoleh oleh Engadget, Kamis (10/2).
"Dan Google menciptakan sebuah platform yang menarik bagi developer aplikasi, penyedia layanan dan produsen hardware Android datang cukup tinggi, mereka sekarang memenangkan posisi mid-range, dan cepat mereka akan membuat untuk ponsel di bawah 100 pounds," tambahnya.
Elop juga menambahkan bahwa keputusan perusahaanya untuk menghentikan produksi MeeGo sangat tepat, menginggat saat ini persaingan di pasar ponsel cerdas semakin ketat.
"Kami pikir kami membuat keputusan yang tepat. iPhone pertama dikirim pada tahun 2007, dan kami masih belum memiliki produk yang dekat menyamai mereka," tambahnya.
"Ya, kami memiliki beberapa inovasi cemerlang dalam Nokia tapi kita tidak membawanya ke pasar cukup cepat. Kami pikir MeeGo akan menjadi platform untuk memenangkan smartphone high-end. Namun pada akhir 2011, kita mungkin hanya memiliki satu produk MeeGo di pasar," tandasnya.
Pernyataan yang cukup mengejutkan memang, apalagi ini berbarengan dengan pernyataan analis yang menyebut MeeGo adalah lelocon besar dalam industri teknologi. Hingga saat ini, belum dikonfirmasi kebeneran memo yang secara eksklusif didapatkan oleh Engagdet itu

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger